BAGAIMANA CARA OVERCLOCK

Posted: Januari 21, 2009 in Artikel Tentang Komputer
Tag:,

PENGENALAN

Ketika para gamer dan penghobi game menemukan “kecepatan tidak cukup” dan mereka memikirkan cara baru untuk membangkitkan kecepatan perangkat keras mereka menjadi maksimal. Sama dengan chip yang paling cepat ini tersedia, kebanyakan para pemakai masih menuntut lebih dan katakan bahwa kecepatan bahkan dari chip yang paling cepat tidaklah cukup cepat, atau mereka hanya ribut ingin yang lebih. Inilah di mana overclocking masuk ke dalam penyamaan itu, dimana para pemakai membuat processor mereka lebih cepat dari kecepatan biasa menurut aturan. Overclocking telah menjadi umum dengan semua perangkat keras yang paling baru alat mempunyai kemampuan untuk menjangkau kecepatan di atas 50%.

Pertanyaan: Jika suatu processor dapat mencapai kecepatan lebih tinggi mengapa tidak ditingkatkan??

Jawaban: Untuk mengatur pasar, membuat satu processor yang keceptannya dari 1.6 sampai 2.4 dan hanya mengatur kecepatan lebih mudah dari pada membuat yang berbeda untuk masing-masing kecepatan.


BERBAGAI HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI

Yang berikut perlu kamu ketahui sebelumnya dan agar overclock AMD atau Pentium kamu berhasil: meng-overclock suatu processor, overclocking motherboard dan suatu rencana untuk solusi yang berkenaan dengan panas yang besar dan sistem ekstra kipas pendingin. Periksa sistem mu untuk penempatan fan ekstra, selanjutnya aka kamu sampaikan secara terperinci bagaimana cara mengaturnya.

· Jika kamu berencana untuk overclock sistem kamu kemudian pastikan untuk memilih perangkat keras dengan bijak. Selalu ada peluang untuk overclocking. Intel dan AMD menghasilkan processor yang overclockable (bisa di-overclock).

· Beberapa motherboard lebih mudah overclocking-nya dibanding yang lain, kami menyarankan Asus atau Epox. Pilihlah motherboard yang sudah mempunyai kemampuan yang baik, jangan mengadakan percobaan atau jangan bersedia menerima satu yang tidak mempunyai nama baik, sebab motherboard merupakan jantungnya proyek overclock kamu.

· Sekali kamu menjadi overclocker berpengalaman, kamu tahu memelihara processor dan keseluruhan sistem pendingin untuk memastikan stabilitasnya, memilih suatu kasus yang mampu menangani banyak fan untuk mengoptimalkan sirkulasi udara. Musuh utama mu untuk overclocking adalah panas.

1. Tambahkan sistem pendingin tambahan yang lebih dingin di depan dan belakang casing CPU untuk menghasilkan sirkulasi udara masuk dari depan dan keluar dari belakang casing.

2. Yakinkan kipas pending power supply menghisap udara panas ke luar dari CPU mu.

3. Gunakan campuran thermal (jangan menggantikannya) antara heat sink yang kuat dan baik dan processor untuk memastikan kontak thermal besar dan dengan begitu pengeluaran panas bisa optimal.

APAKAH KEUNTUNG-KEUNTUNGA OVERCLOCK?

· Mencapai kemampuan yang tinggi dengan biaya minimum

· Kepuasan dari keberhasilan itu.

APAKAH RESIKO OVERCLOCK?

· Overclock bisa tidak memberlakukan jaminan keabsahan sistem mu.

· Overclock bisa mengurangi jangka waktu hidup dari sistem mu.

· Overclock bisa menyebabkan sistem kurang stabil. Jika kamu menemukan sistem mu tidak stabil pada kecepatan lebih tinggi, pengujian yang sesuai adalah kunci untuk keberhasilan overclock.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN MEMPERCEPAT KEMAMPUAN PROCESSOR?

Kecepatan suatu processor adalah faktor yang utama yang menentukan penghitungan tenaga suatu komputer, yang diukur dengan MHZ atau GHZ. Untuk lebih baik memahami konsep tersebut, bayangkan mobil mu berkecepatan 1 sampai 60 mph sesuai dengan yang telah ditetapkan, walaupun kecepatan optimal adalah 50, tidak ada apapun yang dapat mencegahnya menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Kamu ingin mengendarai dengan kecepatan lebih tinggi hanya pada kondisi-kondisi yang baik.

BAGAIMANA PABRIKAN CPU MENENTUKAN KECEPATAN SUATU PROCESSOR?

Pabrik memutuskan pada kecepatan apa untuk mencap sebuah processor berdasar pada faktor yang berikut:

· Inti, Disain, dan kemampuan processor itu sendiri.

· Karakteristik stabilitas thermal dan karakteristik processor.

· Kondisi pasar yang paling menguntungkan.

Dari penjelasan di atas telah dijelaskan bahwa dengan kondisi yang benar, suatu processor dapat lebih baik underclocked maupun overclocked. processor 900MHz dapat di-overclock sampai 800 atau 500MHz sepanjang motherboard mengijinkan, atau di-overclock ke 1200MHz.

BAGAIMANA CARA MENETAPKAN KECEPATAN SUATU PROCESSOR?

Kecepatan yang nyata suatu processor disimpan dimotherboard. Ada dua jalan untuk melakukan ini.

Jumper. Kamu dapat merubah jumper tersebut untuk mendapatkan kombinasi dasar kecepatan dan pengali yang berbeda sebuah BUS. Metoda ini digunakan untuk kebanyakan merek motherboards. Bagaimanapun juga dapata merepotkan karena kamu harus benar-benar membuka casing untuk mengakses jumper motherboard dan untuk mengetahui apa yang kamu lakukan. Maka jika kamu mencari motherboard yang dengan mudah overclock-nya, cari “free jumper” motherboards yng bisa di-overclock.

Dengan perangkat lunak “jumper” atau ” free jumper” motherboard, kamu dapat merubah kecepatan dan voltase inti suatu processor menggunakan perangkat lunak yang menempelkan pada BIOS motherboard. Kebanyakan overclockers melakukan pilihan ini.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN OVERCLOCK?

Ini merupakan proses untuk mempercepat kinerja perangkat keras yang ada di CPU untuk lebih cepat dari kemampuan awalnya. Overclock adalah suatu proses tua yang baru-baru ini telah berakhir tendensinya. Overclocks dapat mencakup 30-50%, mencakup dengan beberapa yang kreatif pendingin, jika udara tidak dingin bisa menggunakan cairan ( Air Atau Nitrogen). Overclocki dicapai dengan terus meningkat frekwensinya di mana processor dikalikan atau mempercepat bus.

Dengan berhasilnya overclock, sistem akan berjalan stabil dan persisnya sama halnya dengan frekwensi yang diset oleh pabrik, hanya saja lebih cepat. Ini sering memerlukan lebih banyak pendingin dibanding yang biasa dan peningkatan voltase pada processor yang meningkatkan kecepatannya, internal dan eksternal, dan meningkatkan kemampuan bagi berapa alat adalah dengan overclock. Jika tidak dengan overclocked, pada umumnya jika terlalu banyak overclock, kemampuannya dapat benar-benar turun, seperti processor yang sudah dimaksimalkan di luar ketentuan frekwensinya.

BAGAIMANA CARA OVERCLOCK

Overclock terpenuhi dengan menyesuaikan frekwensi kecepatan dari pengali CPU maupun FSB (front side bus) yang ada pada Bios motherboard. Pada umumnya semua processor mempunyai pengunci pengali(multiplier), maksudnya adalah tingkat di mana kecepatan dikalikan dengan FSB tidak dapat disetel. Oleh karena itu untuk overclock processor seseorang harus melakukan penyesuaian kecepatan bus terlebih dahulu.

Kecepatan FSB adalah suatu aspek yang penting dari Overclock, sebab dapat mempengaruhi kecepatan disemua alat penghubung motherboard beroperasi. Pada umumnya ada tiga default Front Side Bus, 66MHz, 100MHz, dan 133MHz. Yang paling lambat dari ke tiga tersebut adalah 66MHz. Dan 133MHz yang paling tinggi, telah digunakan oleh processor Pentium II lebih lambat dibanding 350MHz dan semua processor sebelumnya mulai dengan Pentium yang asli. Sekarang Celeron berkecepatan 100MHz FSB, yang mana satu alasan mengapa Celeron ketinggalan di belakang saudara tetuanya Pentium III. Hari ini yang kecepatannya 133MHZ FSB adalah processor PIII, processor P4 tergantung apakah kamu memilikinya, dapat terbentang dari 400MHz ke 533MHz dan beroperasi pada frekwensi ini

Processor Pentium IV dapat di overclock sampai 103MHz dan 112MHz FSB. Tentu saja, seseorang dapat mengoverclocknya dengan mudah, tetapi paling sering atau tidak, hal lain akan menjadi perlu untuk mendapatkan suatu keberhasilan dalam overclock. Juga penyesuaian voltase akan menjadi perlu.

LANGKAH-LANGKAH OVERCLOCKING (AMD X1 DAN X2)

Langkah 1: Pada suatu motherboard terdapat berbagai kaki-kaki yang tegak mengatur jaraknya kira-kira 1 inci terpisah, dan sekitar 4 garis mendatar yang spaced 2 inci terpisah. Ini merupakan panggangan kamu untuk menguji bentuk wujud optimal. Label tabel dari kiri ke kanan, FSB atau front side bus, crashed, Voltase.

Untuk beberapa alasan cache yang lebih besar, seperti 1.8a 512K 400MHz FBS Pentium 4 jadilah lebih sukses overclocknya dibanding 1.8 256K 400MHz FSB Pentium 4. Maka jika kamu belum membeli processor mu, “a” lebih tinggi 512K 400MHZ FSB processor harus berada dalam daftar mu. Jika kamu sedang membangun suatu sistem sejak awal, penggunaan merek EPOX atau ASUS, semuanya adalah yang sangat serbaguna bagi overclocking.

Langkah 2: Hidupkan sistem mu kemudian tekan tombol “DEL” yang akan membawa kamu ke sistem BIOS. Didalam BIOS kamu menggunakan tombol panah left/right untuk merubah kategori, dan up/down untuk melihat pilihan yang ada … melakukan ini bisa sekitar beberapa menit, biasakan diri anda.

Di layar frekwensi kamu dapat menetapkan frekwensi tersebut secara manual, ini membuka kunci pengali FBS yang pada umumnya berada dipuncak yang jauh dari layar. Penyesuaian Frekwensi pada umumnya juga mempunyai kecepatan pembacaan sampai ratusan atau ribuan. Contoh, 1.8, akan membaca 1800, dan 2.0 akan membaca 2000. Beberapa pabrikan sudah menetapkan lebih dulu mulai secara otomatis overclock sistem,salah satunya adalah ASUS. Kami merekomendasikan ini, tetapi kamu harus mengetahui bagaimana cara memasang CMOS motherboard terlebih dahulu, pada umumnya oleh jumper. Jika kamu membeli motherboard baru, yang dilengkapi dengan semantik, atau cari model tersebut dengan menetiknya di mesin pencarian manapun untuk mencari informasi yang lebih banyak.

Langkah 3: Gunakan catatan tabel yang tertulis pada blok yang tersedia berikutnya banyaknya tingkatan frekwensi. Maka jika tingkatan frekwensi yang pertama adalah 133, jika kamu menggunakan Pentium 4, kemudian frekwensi yang berikutnya tingkatan 134, kemudian 135, dan seterusnya. Karena tiap-tiap upgrade frekwensi dikatakan berhasil dengan start kembali komputer kamu dan dilihat apakah saat startup yang kamu upgrade tadi tercatat atau tidak. Jika ya, kemudian ikuti instruksi yang sama untuk menaikkan tingkatan itu lagi. Jika tidak maka naikkan voltase processor yang ada didalam sistem BIOS mu. Start kembali dan lihat apakah ia mencatatnya atau tidak. Idealnya kamu mestinya tidak menaikkan voltase processor lebih dari 2 kali, jika kamu lakukan kemudian kamu harus memasang lebih banyak pendingin seperti mengisi cairan. Sekali anda sudah menaikkan frekwensi tersebut sampai crash dan voltase tidak lebih dari 2 kali kemudian set frekwensi yang sebelumnya, dan naikkan voltase yang lain .05 untuk menambahkan stabilitas. Start kembali dan menjalankan aplikasi seperti tadi untuk memonitor temperatur processor, jalankan aplikasi itu untuk beberapa jam sampai ia beradaptasi. Jika temperatur naik lebih dari 20% kemudian masuk BIOS dan turunkan frekwensi dan voltase. Ulangi proses tersebut sampai temperatur processor mu rata-rat 20%.

PENGATURAN YANG DIREKOMENDASIKAN

Tidak ada pengaturan yang trebaik untuk tiap-tiap sistem, bagaimanapun kami akan mencoba untuk memberi mu suatu petunjuk mendasar untuk tiap overclock yang berhasil. Jika Motherboard mu tidak mendukung mempercepat bus dibanding 133, kamu masih bisa mencoba sisanya, dapatkan kalkulasi dan figur ke luar kombinasi yang mungkin anda ingat Pengali nya(multiplier) x FSB= kecepatan CPU Internal.

Sebagai Acuan:

PCI Bus= 33Mhz

AGP Bus= 66Mhz

FSB x Pengali= Frekuensi kecepata CPU Internal

FSB x Pembagi= Kecepata PCI atau AGP Bus

BAHAYA

Dalam rangka mengoverclock sistem mu agar berhasil, kamu perlu memahami isu yang paling utama melibatkan-Pendingin.

Pendingin adalah Faktor yang paling utama dalam keberhasilan overclock, berjalan dengan stabil dan menjaga CPU mu bentuk yang baik. Jika kamu menoverclock CPU menjadi lebih tinggi dibanding temperatur specs nya, itu dapat memendekkan hidup nya. Efek yang lain menjadi terlalu panas dapat menyebabkan kehancuran dan sistem yang tidak stabil. Biasanya, processor masa kini dirancang untuk bekerja antara 85 dan 200 derajat Fahrenheit dan apapun di luar dari cakupan temperatur itu akan mengakibatkan sistem yang lebih tidak stabil dan memungkinkan merusakkan CPU. Selalu diingat , lebih dingin lebih baik, coba untuk dinginkan CPU mu sebanyak mungkin

Catatan: Jangan meletakkan panel kembali ke PC mu sampai kamu selesai menguji stabilitas dari sistem mu.

GOOD LUCK!!!!

Komentar
  1. Aslan mengatakan:

    thank’s for your info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s